Senin, 22 Oktober 2012

Cara Sitemap pada Blogger

Mengirimkan sitemap atau peta situs ke Google Webmaster Tools (GWT) dapat menjadikan seluruh isi postingan dari blogger lebih mudah dan lebih cepat diindex google. Untuk pengguna wordpress lebih mudah dengan menggunakan plugin-plugin sitemap generator, namun sayang untuk blogger tidak tersedia plugin atau widget semacam itu. Namun tak perlu kuatir kita masih dapat memanfaatkan atom.xml feed blog kita sebagai sitemap.
Sebagai webmaster saya yakin sobat semua sudah tidak asing dengan Google Webmaster Tools. Tool ini dapat membantu pemilik situs atau blog untuk mengoptimalkan publisitas situs dan meningkatkan SEO. Termasuk salah satunya untuk mengirimkan sitemap peta situs kita. Bagi yang belum familiar dengan GWT silahkan sign ini dulu dengan dengan akun googlenya dan verifikasi kepemilikan situs/ blog sobat.
Untuk mengirimkan sitemap berbasis blogger, kita dapat memanfaatkan feed atom.xml blogger kita sehingga google akan lebih mengenali struktur blog kita secara keseluruhan. Adapun caranya mari ikuti langkah berikut:
Dari Dashboard akun GWT Sobat, lihat pane kiri/ sidebar kiri dan klik Site Configuration lalu klik Sitemap. Di sana akan terlihat tombol “Submit Sitemap” dengan url blog sobat, klik tombol itu dan masukan kode berikut:
atom.xml?redirect=false&max-results=100
Tuh, kayak gambar di bawah deh kira-kira jadinya. Jangan lupa klik tombol submit sitemap dan selesai.
cara mudah submit sitemap untuk blogger 
Kode di atas adalah kode untuk sitemap deng jumlah post dibawah 100. Sementara kalau jumlah post di atas seratus maka tambahkan sitemap baru dan masukan kode berikut:
atom.xml?redirect=false&start-index=101&max-results=100
Untuk blog dengan jumlah artikel di atas 200, buat lagi sitemap baru dan masukan kode berikut
atom.xml?redirect=false&start-index=201&max-results=100
Demikian dan seterusnya, untuk setiap jumlah artikel kelipatan seratus maka sobat harus menambahkan sitemap baru. Caranya tinggal ubah kode yang berwarna merah di atas. Sitemap yang dikirimkan ke GWT akan membantu pengindex-kan blog kita menjadi lebih baik di mata Google. Cek saja sitemap blogmu secara reguler, atau klik “resubmit” jika sobat mengupdate post terbaru jika perlu. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar